VOICE Indonesia
HOT
Ketenagakerjaan

Ini Hitungan Terbaru Pesangon dalam UU Ketenagakerjaan

S Nurafifa - VOICEIndonesia.coEditor: Abdulloh Hilmi3 menit baca

Ringkasan Berita

AI
VOICE Indonesia di Google
Sebuah helm keselamatan, dokumen bertuliskan PHK, dan berkas peraturan ketenagakerjaan berada di atas meja dengan latar belakang kawasan pabrik. Ilustrasi ini menggambarkan hak pekerja atas pesangon dan uang penghargaan masa kerja ketika perusahaan melakukan penutupan usaha.
Ilustrasi pemutusan hubungan kerja (PHK) dan hak pesangon pekerja berdasarkan ketentuan Undang-Undang Ketenagakerjaan terbaru.(Foto: Voiceindonesia.co/Ilustrasi)

VOICEINDONESIA.CO, Jakarta – Pekerja yang terkena PHK akibat perusahaan tutup berhak atas pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak. Besarannya berbeda tergantung alasan perusahaan berhenti beroperasi, menurut UU Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan, Minggu (8/11/2026).

Pasal 232 ayat (1) mewajibkan pemberi kerja membayar ketiga hak itu dengan faktor pengali sesuai alasan PHK. Untuk penutupan perusahaan, pengalinya diatur dalam Pasal 237 dan Pasal 238.

Pasal 237 mengatur penutupan akibat kerugian terus-menerus selama dua tahun. Pasal 238 mengatur penutupan permanen atas keputusan pemilik.

Pada kedua kondisi, pesangon dihitung satu kali ketentuan dasar. Bedanya ada pada uang penghargaan masa kerja (UPMK): satu kali untuk perusahaan rugi, satu setengah kali untuk penutupan atas keputusan pemilik.

Merujuk Pasal 232 ayat (2), besaran pesangon paling sedikit dimulai dari satu bulan upah untuk masa kerja di bawah satu tahun. Nilainya naik satu bulan setiap tahun, hingga sembilan bulan upah untuk masa kerja delapan tahun atau lebih.

Merujuk Pasal 232 ayat (3), UPMK diberikan kepada pekerja bermasa kerja minimal tiga tahun. Besarnya:

Berdasarkan Pasal 232 ayat (4), pekerja juga menerima uang penggantian hak. Isinya cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur, ongkos pulang bagi pekerja dan keluarganya, serta hak lain dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Sebagai ilustrasi, pekerja bergaji Rp6 juta dengan masa kerja 10 tahun mendapat pesangon sembilan bulan upah (Rp54 juta) dan UPMK dasar empat bulan upah (Rp24 juta), sesuai Pasal 232 ayat (2) dan (3).

Jika perusahaan tutup karena rugi dua tahun (Pasal 237), pesangon dan UPMK dihitung satu kali. Totalnya 13 bulan upah atau Rp78 juta.

Jika pemilik memutuskan menutup usaha (Pasal 238), pesangon tetap satu kali, tetapi UPMK menjadi 1,5 kali atau enam bulan upah (Rp36 juta). Totalnya 15 bulan upah atau Rp90 juta, belum termasuk uang penggantian hak.

Aturan ini hadir saat PHK masih tinggi. Kemnaker mencatat 72.336 pekerja terkena PHK sepanjang Januari–Oktober 2026, dengan Jawa Barat sebagai provinsi terbanyak.

Menteri Ketenagakerjaan Yassierli menyebut UU ini membawa 13 ketentuan baru saat Rapat Paripurna DPR, Selasa (6/10/2026).

"UU Ketenagakerjaan mengatur (13 ketentuan) hal baru," kata Yassierli.

Ia juga mengajak seluruh elemen serikat pekerja ikut mengawasi pelaksanaan UU ini, sebagaimana disampaikan pada Minggu (25/10/2026) malam.

Yassierli mengajak serikat pekerja untuk "bersama-sama mengawal implementasi dan pelaksanaan UU Ketenagakerjaan terbaru ini di lapangan."

Pilihan Redaksi

Imigrasi Jaring 3 WNA China di Proyek Tol Semarang-Demak, Diduga Langgar Izin TinggalImigrasi

Imigrasi Jaring 3 WNA China di Proyek Tol Semarang-Demak, Diduga Langgar Izin Tinggal

Afifah· 07 November 2026
#Pesangon#PHK#Ketenagakerjaan#Hak pekerja
Lihat berita ini di Google News
Ikuti VOICE Indonesia di Google News untuk update terbaru
Channel WhatsApp
Dapatkan Berita VOICE Indonesia Langsung di WhatsApp
Follow

⚠️ Hati-hati penipuan! Jurnalis VOICEIndonesia.co tidak menerima imbalan dalam bertugas. Laporkan ke Redaksi VOICEIndonesia.co jika Anda menemukan kejadian tersebut. Hotline 0811-809-073 atau email redaksi@voiceindonesia.co.

Baca Juga

Komentar (0)

Login dulu untuk meninggalkan komentar.